Sabtu, 28 Maret 2015

Behind The Scene Kemampuan Ponsel Android-mu

SENSOR PADA PONSEL ANDROID


Gambar 1. Smartphone Android
Sumber : inet.detik.com

    Seiring berkembangnya zaman, kemampuan ponsel android semakin meningkat. Banyak manfaat yang dapat diambil dari kemampuan ponsel pintar ini. Seperti dapat mengukur suhu ruang disekitar ponsel, mendeteksi sidik jari dan lain-lainnya. Berikut adalah sensor-sensor yang digunakan dalam ponsel Android :

1. Sensor Suara
    Sensor ini berfungsi untuk mengukur dan mengontrol intensitas/kadar bunyi disekitar smartphone. Sangat bermanfaat ketika menerima atau melakukan panggilan telepon ditempat yang bising dan ramai, karena sensor ini akan mengukur intensitas bunyi/kebisingan disekitarnya lalu menyesuaikan volume dari speaker atau mic.

2. Humidity Sensor
             Sensor ini berfungsi untuk mengukur kelembaban relatif. Bermanfaat untuk menghitung kelembaban rumah, udara dan tanah yang cocok untuk tanaman.

3. Fingerprint Sensor
          Sensor ini merupakan sensor sidik jari yang memberikan keamanan dan kemudahan penggunanya. Biasanya sensor ini digunakan untuk membuka lockscreen, mengakses aplikasi tertentu. Penggunanya tinggal menempelkan jarinya pada sensor, kemudian sensor akan membaca sidik jari penggunanya dan mengaktifkan perintah. Sensor ini ada pada ponsel Samsung Galaxy S5, iPhone 5S, HTC One Max dan lain-lain.

4. Gesture Sensor
      Fungsinya adalah mengenali gerakan tangan dengan mendeteksi sinar infrared yang dipantulkan dari telaak tangan si penggunan dan mengukur perubahan arus listrik ketika jari pengguna berada di jarak yang dekat dengan layar. Dengan sensor ini kita dapat melakukan scorolling atau perinta lainnya pada smartphone dengan menyapukan tangan kita di atas layar tanpa menyentuh layar.

5. Heart Sensor
                 Sensor ini berfungsi untuk menghitung jumlah denyut jantung. Dengan aplikasi S-health pengguna dapat dengan mudah mengontrol informasi fisik termasuk denyut jantung. Caranya adalah menekan lembut jari pada sensor denyut jantung. Sensor ini ada pada ponsel Galaxy S5 dan Galaxy Note 4.

6. Accelerometer Sensor
                   Sensor ini berfungsi untuk mengukur ketepatan arah pada sebuah perangkat. Biasanya sensor ini sangat bermanfaat pada game-game seperti Asphalt, Raging Thunder dimana kita cukup memiringkan ponsel saat ingin berbelok ke kanan atau ke kiri. Biasanya sensor ini juga bermanfaat untuk mengubah mode ponsel dari potrait ke landscape.

7. Gyroscope Sensor
                Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi sudut kemiringan dan mengukur kecepatan sudut yang umumnya diperlukan dalam navigasi. Sensor ini hampir mirip dengan Accelerometer, hanya saja Accelerometer dipengaruhi oleh gravitasi sedangkan Gyroscope tidak. Sensor ini dapat mendeteksi arah atas, bawah, kanan, kiri, maju, mundur, roll dan lain-lain. Sensor ini biasanya digunakan pada game Temple Run.

8. Proximity Sensor
                  Sensor ini mendeteksi adanya suatu benda tanpa kontak fisik. Bermanfaat pada ponsel touchscreen ketika sedang melakukan panggilan otomatis layar akan terkunci sehingga telinga  dan pipi yang menempel pada layar tidak menyebabkan gerakan pada layar ponsel. Lihat selengkapnya tentang Proximity Sensor disini.

9. Ambient Light Sensor
         Sensor ini mendeteksi intensitas cahaya disekitar smartphone dan menyesuaikan tingkat kecerahan agar pengguna dapat melihat tampilan layar dengan lebih jelas.

10. Temperature Sensor
            Sensor ini berfungsi untuk mengukur temperature disekitar smartphone. Dalam beberapa kasus juga dapat mengukur temperature smartphone itu sendiri.


Sumber :
http://www.ponselone.com/2015/01/fungsi-sensor-ponsel-android.html
http://www.pcplus.co.id/2014/11/fitur/mengenal-ragam-sensor-di-smartphone-android/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar