Rabu, 08 April 2015

Flow Meter

FLOW METER

1. Pengertian
    Flow meter adalah alat untuk mengukur jumlah atau laju aliran volumetrik cairan atau gas dari suatu fluida yang mengalir dalam suatu pipa atau terbuka.

Gambar 1.1 Flow meter
Sumber : www.flowmetersandweightscales.com


2. Bagian-bagian Flow Meter
    Flow meter terdiri dari 2 bagian utama yaitu :
    a. Primary Device (Alat utama)
    b. Secondary Device (Alat bantu kedua)

3. Primary Device (Alat utama)
    Primary device (alat utama) menghasilkan suatu sinyal yang merespon terhadap aliran karena laju aliran terganggu. Salah satu contoh alat utama adalah sebuah orifis yang berfungsi untuk mengganggu laju aliran dan menyebakan penurunan tekanan. 
Gambar 3.1 Orifice plate
Sumber : www.e-education.psu.edu


Gambar 3.2 Orifice
Sumber : http://energiterbarukanonline.blogspot.com/2012/11/flowmeter-adalah.html

        Prinsip kerja dari orifice ini sama dengan prinsip beda tekanan atau biasa disebut dengan prinsip Bernoulli lihat disini. Prinsip ini menerangkan bawah terdapat hubungan antara tekanan fluida dan kecepatan fluida yaitu jika kecepatan meningkat maka tekanan akan menurun dan begitu juga sebaliknya.
      Pada dasarnya orifice memiliki bentuk bulat dengan pegangan berupa plat tipis yang memiliki lubang pada bagian tertentu yang biasanya berada pada posisi tengahnya. Fluida akan mengalir melalui lubang pada orifice yang mengakibatkan perubahan tekanan dan kecepatan. Dengan terjadinya perubahan tekanan dan kecepatan pada pipa tersebut maka dapat terjadi adanya kecepatan maksimum dan tekanan minium, hal ini biasa disebut dengan Vena Contracta.
       Setelah melewati titik temu (vena contractra) maka akan terjadi perubahan kecepatan dan tekanan lagi, sehingga diketahui perbedaan tekanan pada pipa norma dan tekanan pada vena contracta tersebut. Maka dapat ditentukan persamaan Bernoullinya dengan laju aliran dan masa yang didapat. 

4. Secondary Device (Alat bantu sekunder)
    Alat bantu sekunder ini berfungsi untuk menerima sinyal dari alat utama lalu menampilkan, merekam dan menstransmisikannya sebagai hasil pengukuran dari laju aliran.


Referensi :
www.wartasaranamedia.com
http://energiterbarukanonline.blogspot.com/2012/11/flowmeter-adalah.html
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar